-->

7 Tips Internetan Lebih Aman di Wifi Gratisan, No 4 Paling Penting!

Advertisemen
Tak aneh lagi jika jaringan Wifi gratisan tak selalu aman untuk digunakan. Bahkan bisa berpotensi diserang (retas) oleh pihak lain yang tak bertanggung jawab karena ingin mengetahui atau mendapatkan informasi data penting pengguna lainnya.

via : riausky.com
Maka dari itu, kalau kamu memang sering atau pengguna setia jaringan Wifi gratisan yang dapat diakses di tempat umum, sebaiknya mulai hari ini waspada bisa saja kamu menjadi korban peretasan nantinya.

Lalu bagaimana langkah yang mesti dilakukan untuk menghindarinya/mengantisipasinya?

Berikut ini beberapa tips yang tim kami kutip dari laman situs terpercaya liputan6.com, Rabu (1/03/2017) agar data kamu tetap aman dari orang jahil yang ingin mencuri untuk digunakan hal-hal negatif.

1. Cek Kembali Nama WiFi

via : liputan6.com
Misalkan saja sekarang Anda lagi ada di cafe Starbucks, Anda pasti tak berfikir lagi untuk memakai jaringan Wifi di tempat itu.

Nah, 'kelalaian' itulah yang dapat membuat para hacker leluasa dalam mencuri informasi sensitif yang tersimpan dalam perangkat kesayanganmu.

Dengan menghubungkan perangkat Anda ke jaringan yang tak tentu aman itu, memungkinkan data pribadi Anda dicuri jauh lebih besar.

Mengapa demikian? Karena sering para hacker memakai nama yang mirip dengan WiFi di tempat umum tersebut.

Langkah yang harus dilakukan, dengan yang simpel dulu saja. mulai untuk mau bertanya nama dari jaringan Wifi tersebut kepada karyawan tempat yang sedang Anda kunjungi itu.

2. Jangan Akses Informasi Pribadi Saat Terhubung dengan WiFi Gratisan

via : Google
Setelah baru-baru ini mengetahui bahwa WiFi gratisan sangat rentan terhadap serangan para hacker, ada baiknya Anda hindari untuk mengakses berbagai informasi yang bersifat pribadi.

Contohnya akses facebook, email, layanan perbankan, atau akun kartu kredit.

3. Atur Secara Manual Saat Ingin Terhubung dengan WiFi Gratis

via : panduandroid.com
Salah satu langkah yang aman untuk mengakses WiFi gratisan adalah agar jangan mengatur perangkat yang kamu gunakan terhubung secara otomatis dengan WiFi yang tersedia di tempat umum tersebut.

Pastikan agar laptop, tablet, atau smartphone kesayangan Anda terkoneksi dengan WiFi secara manual saat Anda ingin mengakses internet.

Jangan lupa! Anda perlu mengatur perangkat untuk 'forget' atau melupakan akses jaringan WiFi gratisan setelah selesai memakainya.

4. Log Out dan Clear Cache

via : wikihow.com
Ketika sudah selesai mengakses WiFi gratisan di tempat umum, Anda jangan pernah lupa untuk log out dari akun pribadi yang tadi sempat Nada buka. Contohnya saja kamu mengakses akun Facebook atau akun media sosial lain, kamu perlu keluar agar data pribadi tetap aman.

Anda juga perlu melalukan Clear Cache untuk memastikan bahwa semuanya sudah ter-logout.

5. Jangan Pernah Mengganti Password Saat Terhubung dengan WiFi Gratisan

via : m3networks
Saat sedang terhubung dengan Wifi gratisan, usahakan untuk tak mengotak-atik password akun personal Anda, sebab hal ini dapat berpotensi pada pelanggaran data atau serangan para cyber. jika ingin mengganti Password, pastikan kamu berada dalam jaringan internet personal.

6. Gunakan HTTPS

via : Scoopswhoop
HTTPS berfungsi untuk mengenkripsi data yang terhubung antara komputer dan server web yang kamu kunjungi. Memang saat pengguna membuat pencarian teks tak masalah jika tak memakai koneksi aman (HTTPS).

Akan tetapi, jika kamu membuka akun yang perlu memasukkan data email atau password, seperti, Facebook dan situs-situs lainnya, pastikan Anda selalu menggunakan koneksi aman agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

7. Gunakan aplikasi VPN

via : Google
Nah yang ini paling banyak dilakukan, VPN kepanjangan dari Virtual Private Network merupakan cara mengarahkan lalu lintas web melalui jaringan yang aman. Jadi, dengan cara ini bisa membuat lalu lintas kamu di internet menjadi lebih aman.

Nah itu dia gengs 7 Tips Internetan Lebih Aman Dengan Wifi Gratisan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua ya.. (RA/Sn)
Advertisemen